Cara Jitu Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Bajakan

cara jitu membedakan ponsel samsung asli dan bajakan
cara jitu membedakan ponsel samsung asli dan bajakan

Saat ini perkembangan teknologi ponsel terus berkembang. Banyak sekali tipe dan model yang bermunculan. Hal demikian juga berlaku pada salah satu produsen ponsel yaitu Samsung. Samsung merupakan salah satu merek ponsel ternama di dunia. Tidak jarang banyak sekali orang yang membajak seri ponsel dari produk Samsung. Dengan adanya hal demikian sebagai konsumen harus tahu cara jitu membedakan ponsel Samsung asli dan bajakan.

Pembajakan ponsel Samsung pun punya tingkatan tersendiri yaitu replika, super copy dan king copy. Ponsel hasil bajakan tersebut hampir sama dengan aslinya. Jikalau tidak jeli dalam membeli tentunya akan tertipu. Oleh karena itu kita harus tahu cara jitu membedakan ponsel Samsung asli dan bajakan.

Semakin marak peredaran ponsel Samsung bajakan tentunya kita harus tahu membedakannya. Baik itu dari segi fisik atau software yang terpasang pada ponsel. Agar kamu tahu caranya kami akan jelaskan caranya tersebut. Kami harap kamu menyimak secara seksama agar paham.

Berikut cara jitu membedakan ponsel samsung asli dan bajakan:
  1. Harga

Biasanya ponsel Samsung replika atau copy-an akan dijual dengan harga yang lebih miring dari harga aslinya. Namun terkadang pedagang curang juga tidak segan menjual barang bajakan dengan harga sama. Jika hal ini terjadi kamu harus mengecek secara fisik dan software yang terpasang pada ponsel.

  1. Kondisi fisik

Ponsel baru yang dibuka dari kardusnya biasanya aka nada plastic wrapping yang memiliki tulisan Samsung disekelilingnya. Jika kamu terima tidak ada plastic yang demikian wajib waspada. Namun ada juga sebagian pedagang culas yang menambahkan plastic ini pada ponsel bajakan harap berhati-hati.

  1. Jarak tombol ke LCD

Biasanya ponsel Samsung asli jarak tombol home ke LCD Lebih dekat jika di bandingkan dg samsung palsu yang jarak tombol homenya ke layar LCD lebih jauh.

  1. Kelengkapan

Saat membeli ponsel Samsung baru, cek kelengkapan dalam kardusnya. Pastikan ada buku panduan, earphone, cadangan earbud, baterai, kabel USB, charger, dan kartu garansi berstiker hologram SEIN.

  1. Segel

Cek segel pada ponsel dan kardus tersebut, kalau asli biasanya akan bertuliskan Samsung atau sein

  1. Cek dengan kode rahasia

ponsel samsung memiliki kode rahasia, yaitu dengan mengetikan *#0*# maka akan muncul menu pengujian. menu pengujian tersebut berisi dengan pilihan Red, Green, Blue, Receiver, Vibration, Dimming, mega cam, touch, sensor, Sub key, speaker, sleep dan front kamera. Jika dilakukan pengujian muncul seperti itu maka dapat di pastikan ponsel samsung tersebut asli.

  1. Ketajaman kualitas gambar

Ketajaman ponsel Samsung bajakan tidak sebagus dengan aslinya. Biasanya gambar yang dihasilkan agak buram dan tidak jernih.

  1. Cek menggunakan software pihak ke 3

Coba test ponsel tersebut dengan software antutu dan genuine galaxy. Apabila disitu terlihat unknown device sudah dipastikan barang tersebut bajakan.

  1. Nomor IMEI

Caranya cukup dengan menekan *#06# pada panggilan. Jika nomor IMEI tak muncul sesuai pada kardus, itu berarti smartphone yang kamu miliki palsu.

  1. Bahasa

Ponsel bajakan biasanya masih menggunakan Bahasa china pada bagian aplikasi dan mode pengaturannya.

Tips diatas merupakan cara termudah untuk melihat keaslian ponsel Samsung. Semoga tips cara jitu membedakan ponsel samsung asli dan bajakan dapat bermanfaat buat kamu semuanya.