Tips Mudah Meningkatkan Performa Laptop Secara Drastis

cara meningkatkan performa laptop
cara meningkatkan performa laptop

Laptop memiliki fungsi seperti layaknya komputer Desktop atau biasa disebut PC. Laptop memiliki keunggulan diantaranya ialah lebih praktis dan dapat dibawa kemana-mana. Apalagi semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat laptop menjadi lebih dapat diunggulkan.

Meskipun laptop hampir sama dengan PC namun jika dihadapkan pada peningkatan performa, PC lah yang lebih unggul. Apabila kita memiliki PC dan ingin melakukan cutom terhadap perfomanya tentunya kita hanya cukup membeli komponen yang ingin diganti lalu memasangnya. Bisa juga dengan menambahkan dengan komponen lain, sebab PC memiliki ruang yang lebih dibandingkan dengan laptop.

Untuk peningkatan laptop sendiri kami katakana sangatlah susah sekali sebab hampir semua komponen pada laptop sudah bersifat onboard. Maksud dari onboard ialah tertanam dan tidak mungkin untuk dilakukan ganti komponen.

Pada laptop hanya ada dua komponen penting yang dapat ditambah dan diganti berkaitan dengan performa yakni RAM dan Hardisk. Padahal penambahan RAM keukuran yang besar tidak akan mempengaruhi banyak performa laptop.Apalagi jika ingin mengganti RAM dengan spesifikasi tinggi tentunya hal ini dapat berbenturan dengan dukungan prosesor yang ada pada laptop.

ram laptop
ram laptop

Lah terus bagaimana cara untuk meningkatkan performanya laptop. Seperti yang kami sebutkan diatas hanya ada dua komponen yang dapat di updgrade. Percaya atau tidak ada satu komponen dari kedua yang kami sebutkan itu yang berbengaruh besar dalam peningkatan performa laptop. Komponen yang kami maksud ialah Hardisk, komponen yang satu ini seringkali dianggap tidak penting dalam peningkatan performa oleh kebanyakan orang.

MENGANTI HDD LAPTOP DENGAN SSD

Memori SSD
Memori SSD

Pada laptop biasanya menggunakan storage HDD 2.5”, Walaupun performa dari hardisk ini terbilang cepat dan powerfull namun masih kalah jauh dengan SSD. Jika kalian tidak percaya silahkan dicoba dan buktikan sendiri peningkatan laptop yang telah menggunakan HDD.

Dari beberapa pengujian yang kami dapatkan laptop yang sebelumnya menggunakan HDD kemudian beralih ke SSD peningkatan performa meningkat mencapai 45%. Meskipun sebenarnya panambahan RAM juga meningkatkan performa juga, namun sangat kecil hanya 10%.

testing SSD dan HDD di CrystalDisk Mark
testing SSD dan HDD di CrystalDisk Mark
testing HDD dan SSD di Photoshop
testing HDD dan SSD di Photoshop

Jika kalian ingin mendapatkan performa yang lebih yah sebaiknya RAM dan Hardisk diganti sesuai yang kami rekomendasikan. Jika hal itu dilakukan tentunya akan menjadi beban ongkos bagi kalian, pilihlah salah satu jika tidak ada ongkos dan kami sarankan HDD ke SSD terlebih dahulu.

Jangan coba-coba meningkatkan performa laptop dengan cara ekstrim seperti halnya overclocking. Laptop berbedalah dengan PC yang dapat ditambah sistem pendinginnya, jika dipaksakan akan berdampak kerusakan komponen pada laptop.