Tips Tepat Membeli VGA Card Bekas / Second

Tips Tepat Membeli VGA Card Bekas
Tips Tepat Membeli VGA Card Bekas

VGA card memiliki peran penting dalam menghasilkan kulitas grafis pada komputer. Komponen ini memang benar-benar dikhususkan untuk urusan grafis. Jadi jika kalian ingin meningkatkan kualitas grafis pada komputer, komponen inilah yang wajib untuk diupgrade.

Berbagai alasan seseorang merasa ogah untuk melakukan upgrade VGA Card, salah satu alasannya yakni harga VGA card tergolong komponen yang mahal dan selalu mengeluarkan versi terbaru setiap tahunnya.

Dengan berbagai alasan itu biasanya seseorang akan mencari alternative lain, yakni dengan membeli VGA card bekas atau second asalkan dapat memenuhi kebutuhan PC.

Membeli VGA card bekas bukanlah suatu kesalahan asalkan dapat cermat dan teliti sebelum membelinya maka akan mendapatkan sesuai keinginan. Berbagai keuntungan juga bisa didapatkan jika membeli VGA card Bekas, diantaranya ialah harga lebih murah dan performa tidak kalah dengan yang baru.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips untuk kalian tentang cara memilih VGA card bekas yang benar. Silahkan simak baik-baik tips yang kami berikan.

TIPS MEMBELI VGA CARD BEKAS

  1. Silahkan cek generasi, memory clock dan core clock dari VGA

Generasi VGA terbaru sangat kami rekomendasikan sebab teknologi software dan game terus berkembang. Jangan lupa perhatikan memori dan clock VGA sesuai kebutuhan apa tidak.

  1. Jangan lupa cek harga pasaran dan sisa garansi

Apabila harga bekas yang ditawarkan hanya terpaut tidak terlalu jauh maka kami sarankan untuk membeli yang baru saja, sebab lebih terjamin. Apabila ada yang menawarkan dengan harga murah dan tidak wajar harap waspada, bisa jadi VGA card yang ditawarkan telah mengalami kerusakan yang cukup fatal. Jangan sampai lupa untuk menanyakan masalah garansinya, jika garansi resmi telah habis kalian bisa juga kok meminta garansi dari penjual misalkan 1 minggu atau 1 bulan.

  1. Tanyakan VGA card pernah di overclock atau belum

Biasanya VGA CARD yang telah mengalami Overclock tidak bisa dilakukan klaim garansi resmi. Namun tetap kami sarankan untuk menghindari membeli VGA yang sudah di Overclock

  1. Usahakan membeli dengan seseorang yang tidak jauh dari tempat tinggal dan harus tatap muka

Dengan membeli secara COD (Cash On Delivery) membuat kamu dapat mengetahui banyak tentang VGA yang akan kamu beli, dari histori pemakaian dan perawatannya. Selain itu jika terjadi kerusakan sebelum pemakaian kamu dapat mengembalikan kepada penjualnya.

  1. Cek dengan seksama kondisi fisik VG card

Silahkan cek dengan seksama setiap segel yang ada, apakah sudah pernah dibongkar atau belum. Lihat juga adakah cacat fisik atau tidak seperti retak pada PCB dan lain-lainnya.

  1. Uji coba VGA dengan software

Gunakan software penguji untuk mengetahui apakah vga tersebut dapat berjalan normal apa tidak. Hal yang harus diperhatikan ialah masalah peningkatan suhu saat vga dengan performa yang power full. Jika suhu cepat naik secara drastis dan tidak normal sebaiknya jangan dibeli.

Selain itu tidak lupa silahkan cek benchmark dan kondisi kipas pada VGA card tersebut masihkah berjalan normal atau tidak. Usahakan jangan beli dari para miner bitcoin, sebab VGA dari mereka sudah biasa digunakan untuk kerja berat dan tentunya sudah pasti dilakukan oprek bios serta clock speed.

  1. Cek box dan kelengkapannya

Silahkan cek kelngkapan pada VGA yang akan dibeli dari garansi sampai komponen lain yang bisa berguna dikemudian hari. Namun jika kalian membeli secara online kami sarankan cek reputasi dari penjual dan review pembeli apakah baik atau tidak.

Namun menurut kami lebih baik tetap membeli VGA card yang baru, sebab kualitas dan garansi lebih terjamin. Apabila tidak bisa beli yang baru bekas pun juga tidak apa-apa, akan tetapi jangan lupa lakukan tips yang telah kami berikan agar kalian tidak rugi. Kunci utama membeli VGA card bekas ialah kalian harus sabar, teliti dan ekplore mencari referensi yang tepat.